Monday, January 10, 2011

Bukan Sekadar Untuk Dibaca


Setiap kita hendaknya mengetahui bahwa bertambahnya keimanan yang timbul dari membaca Al Quran tak akan terwujud tanpa memperhatikan kandungannya dan mengamalkan isinya, bukan hanya sekadar untuk dibaca.

“Sesungguhnya Allah mengangkat dengan kitab ini beberapa kaum dan menjatuhkan kaum yang lain.”

(HR.Muslim)

Al Quran akan membawa manfaat dan menambah keimanan kita bila kita mengamalkan isinya, sebaliknya Al Quran justru akan membinasakan bahkan mengurangi keimanan jika kita mengabaikan dan melalaikan petunjuk-petunjuknya.

Sangat disayangkan zaman sekarang ini, banyak para ahli Al Quran bukannya mentadabburi malah tenggelam dalam melagukan, melafazkan huruf dan memperindahnya tapi melupakan petunjuk-petunjuk yang terkandung di dalamnya. Orang yang mendengarkannya pun hanya fokus hanya pada irama lagunya tanpa merenungi kandungan isinya. Lebih parah lagi orang yang menghafal Al Quran,tetapi mempunyai bacaan yang salah. Ditambah mereka tidak merenungi isi kandungan Al Quran tersebut. Sungguh musibah di atas musibah. Demi Allah yang namanya tadabbur itu bukan menghafal huruf-hurufnya sementara petunjuknya dilalaikan.

Namun bukan berarti lantas kita menyalahkan orang yang mentartil, melagukan atau memperindah dalam membaca Al Quran. Namun yang perlu bicarakan adalah jika berlebihan di dalam membacanya dan dibuat-buat supaya orang yang mendengarkan terlena dan takjub dengan segi suaranya saja bukan isi kandungannya.

Sebenarnya kita dapat melihat orang-orang yang hafidz (hafal Al Quran) tetapi tidak tercermin dalam akhlaknya bahkan cenderung mengenepikan perintah Al Quran maka Al Quran tersebut akan menjadi beban bagi dirinya sendiri yang justeru akan membinasakannya.

Jika kita ingin mengambil manfaat dari Al Quran maka satukanlah hati dalam membaca dan mendengarkannya. Pasanglah pendengaran kita dan hadirlah seperti orang yang diajak berbicara langsung oleh Allah. Dengan berfikiran seperti ini maka semakin kerap kita membaca Al Quran akan semakin bertambah keimannnya. Akan terlihat perubahan dalam akhlak dan tingkah lakunya menjadi lebih baik

Namun bukan bererti pula untuk orang-orang yang belum diberi kemampuan untuk mempelajari maknanya maka lantas meninggalkan untuk membaca mahupun menghafalnya. Demikian ini malah akan menjadi kehinaan yang berlipat kali ganda di sisi Allah. Membaca setiap huruf Al Quran mendapat pahala dari Allah. Maka seharusnya kita usahakan adalah membaca, menghafalkan, merenungkan dan mengamalkannya dalam akhlak dan tingkah laku kita sehari-hari.

Semoga Allah menjadikan Al Quran sebagai syafaat bagi kita di akhirat kelak. Amin.

No comments:

Post a Comment